Senin, 11 Juni 2012

KONFIRGURASI DAN MONITORING JARINGAN DENGAN CACTI DI UBUNTU 11.10

KONFIRGURASI CACTI DI UBUNTU 11.10

         Cacti adalah salah satu aplikasi open source yang menrupakan solusi  pembuatan grafik network yang lengkap yang didesign untuk memanfaatkan kemampuan fungsi RRDTool sebagai  peyimpanan data dan pembuatan grafik. Cacti menyediakan pengumpulan data yang cepat, pola grafik advanced, metoda perolehan multiple data, dan fitur pengelolaan user. Semuanya dikemas secara intuitif, sebuah interface yang mudah digunakan  mudah dipahami untuk local area network hingga network yang kompleks dengan ratusan device. Dengan menggunakan cacti kita dapat memonitor trafik yang mengalir pada sebuah server dan Cacti juga merupakan frontend dari RRDTool yang menyimpan informasi kedalam database !MySQL dan membuat graph berdasarkan informasi tersebut. Proses pengambilan data (lewat SNMP maupun skrip) sampai kepada pembuatan gambar (graph) dilakukan menggunakan bahasa pemrograman PHP. 

         Cacti merupakan solusi  pembuatan grafik network  yang  lengkap yang didesign  untuk memanfaatkan kemampuan fungsi  RRDTool sebagai  peyimpanan data  dan pembuatan grafik.

         Cacti menyediakan pengumpulan data yang cepat,  pola grafik advanced,  metoda perolehan multiple data , dan fitur pengelolaan user .  semuanya dikemas secara intuitif, sebuah interface yang mudah digunakan  mudah dipahami untuk local area network  hingga  network yang kompleks dengan ratusan device.

cacti_promo_main1.png

          Cacti di-release di bawah lisensi GNU, meskipun gratis tanpa syarat tertentu, tetapi sebaiknya anda melakukan donasi melalui http://cacti.net/donate.php  jika anda merasakan manfaat cacti dan anda enjoy menggunakan cacti. Hal ini akan membantu pengembangan cacti selanjutnya dan membuat pembuat cacti senang.

Tentang Cacti

         Cacti  merupakan frontend dari RRDTool,  cacti mengumpulkan informasi yang di butuhkan untuk pembuatan grafik dan menyimpan informasi  tersebut menjadi  data dalam database MYSQL. Fronted tersebut dibuat sepenuh nya menggunakan bahasa pemrograman PHP. Selain kemampuan untuk memaintain grafik,  Data Sources  dan  Round Robin arsip dalam database, dalam menghandel pengumpulan data.  Dan juga support SNMP bagi mereka yang terbiasa membuat grafik dengan MRTG.


Komponen Utama CACTI

Data Sources
Untuk  menghandel  pengumpulan  data , anda dapat membuat eksternal script atau command yang akan diperlukan untuk di pilih, cacti kemudian mengumpulkan melalui cronjob dan menyimpan nya kedalam database atau round robin archives.

Data Sources dapat juga di buat,  yang berkoresponden dengan data sebenarnya dalam grafik. Sebagai contoh jika anda ingin membuat grafik ping time ke suatu host, anda harus membuat data sources memanfaatkan skrip yang mengping suatu host yang menghasil kan nilai dalam milliseconds. Setelah mendefinisikan option untuk RRDtool sebagaimana menyimpan data anda dapat mendefinisikan informasi tambahan yang dibutuhkan oleh data input. Seperti host yang akan di ping dalam hal ini. Setelah data source di buat, lalu akan di maintain setiap 5 menit secara otomatis.

Graphs
Setiap satu atau lebih data source di definisikan,  sebuah grafik RRdtool dapat dibuat menggunakan data tersebut. Cacti memungkinkan  anda membuat hampir setiap grafik RRdtool yang dapat di gambarkan. Menggunakan setiap standar  RRdtool grafik tipe dan fungsi gabungan.  Suatu area pemilihan warna , dan fungsi pengisian text otomatis juga membantu dalam pembuatan grafik agar proses pembuatan grafik lebih mudah. 

Tidak hanya bisa membuat grafik RRDTool based  di cacti,  tetapi banyak cara untuk menampilkan grafik. Selain dengan standar “ List view “  dan “ preview mode “  yang menyerupai RRDTool frontend untuk semua , ada "tree view", yang memungkinkan  anda untuk menaruh grafik-grafik ke suatu tree yang hirarkis untuk tujuan-tujuan pengelompokan.

User Management
Karena banyak fungsi cacti, sebuah user management tool  builtin dibuat  supaya Anda dapat menambahkan para user dan memberi mereka hak-hak untuk bagian bagian  tertentu dari cacti. Ini akan memungkinkan seseorang  untuk membuat beberapa user yang dapat merubah parameter parameter grafik, sedangkan yang lain nya hanya bisa melihat grafik. Masing masing user juga dapat memaintain setingan mereka sendiri ketika login untuk melihat grafik.

Templating
Terakhir, Cacti dapat diskalakan menjadi jumlah besar source data melalui penggunaan template. Hal ini memungkinkan  pembuatan sebuah grafik atau data source template yang menggambarkan beberapa grafik atau data source yang berhubungan dengan nya. Template template host  memungkinkan anda untuk menggambarkan kemampuan dari suatu host maka cacti dapat menggunakan nya untuk informasi atas penambahan suatu host yang baru.  

Dari yang telah dipaparkan di atas cacti memang cukup powefull untuk sebuah traffic monitoring dan memungkinkan setiap client anda memiliki user dan bisa melihat grafik nya sendiri serta memungkinkan anda membuat sebuah monitoring traffic yang terintegrasi baik secara skrip atau snmp.

sumber : http://www.indofreebsd.or.id/networking/membuat-network-grafik-dengan-cacti.html

Langkah-langkah Konfigurasi CACTI sebagai berikut :

  1. Masuk ke Terminal dengan perintah : sudo su 
  2. Masukkan Password 
  3. Lakukan Instalasi CACTI dengan perintah : # apt-get install cacti 
  4. Setelah di Instalasi, akan muncul pemilihan webserver, pilih Apache2 ,kemudian OK. 
  5. Selanjutnya, akan muncul tampilan Configure CACTI. Pilih <Yes> 
  6. Kemudian masukkan Password untuk database administrator seperti gambar dibawah ini. diblog saya, saya masukkan password : admin

  7. Kemudian masukkan Password untuk MySQL nya seperti gambar dibawah ini. saya masukkan
    password : admin

  8. Setelah itu, lakukan instalasi lagi di Browser (IE atau Mozilla) dengan perintah :
    http://localhost/cacti/install


  9. Pilih Next, dan Finish. Instalasi CACTI selesai. Setelah selesai kemudian timbul tampilan User Login Silakan masukkan Password dan User name yang sesuai. ;
    Username : admin
    Password : admin

  10. Setelah memasukkan Password dan Username yang sesuai akan muncul gambar seperti dibawah ini ;

  11. Klik menu device dan kemudian klik add (sebelah kiri atas), Kemudian akan muncul gambar seperti dibawah ini setelah itu silakan isi.
    • Description : Isikan nama device yang akan dimonitoring (Gateway).
    • Hostname : Isikan IP Address dari device yang akan dimonitoring (Gateway).
    • Host Template : Pilih “Local Linux Machine” atau ucd/net SNMP Host jika device yang akan dimonitoring PC biasa seperti windows client.
    • SNMP Version : Pilih sesuai versi SNMP yang di setup di device Gateway, dalam hal ini version
    • SNMP Communitiy : umumnya pakai “public” tapi jika memang di set lain, tinggal menyesuaikan.


  12. Pada bagian “associated data query” pilih “add data query=SNMP- Interface Statistic” dengan “index method=Uptime Goes Backward” lalu klik add
  13. Kemudian untuk memastikan SNMP nya jalan di device tersebut, klik “verbose query” pada bagian “associated data query” di SNMP-Interface Statistic. Jika tidak ada error di SNMP (lihat bagian paling bawah kanan) klik save. Seperti gambar dibawah ini :

  14. Kemudian pada menu device klik device yang sudah kita buat yaitu gateway, selanjutnya klik “create graphs for this host. Seperti tampilan dibawah ini :

  15. Pada bagian data query [SNMP-Interface statistic] centang bagian interface dari device gateway yang akan ditampilkan grafik trafiknya. Pada bagian select graph type, pilih “In/Out Bits with total bandwidth” atau pilih sesuai selera. Dan klik create.
  16. Kemudian untuk menampilkan di graph tree, pada bagian graph management pilih host:gateway yaitu device yang sudah dibuat sebelumya. Centang semua graph yang muncul dan di bagian action pilih “Place on a Tree” klik go. Seperti gambar dibawah ini :


  17. Selanjutnya akan timbul tampilan Place on a Tree (Default Tree).
  18. Kemudian tampilan di graph akan muncul device gateway, pada waktu awalnya memang grafiknya tidak muncul langsung karena perlu waktu untuk query data ke device gateway. Setelah beberapa menit akan muncul trafik data untuk tiap interface yang sudah kita centang sebelumya pada langkah 16. Berikut adalah datanya yg saya MONITORING di campus seperti yg saya centang sebelumnya pada langkah 16 juga. ;



Terima Kasih


Salam,
Budianto

3 komentar:

  1. Assalamualikum.

    Mas Budianto sblmnya salam kenal.

    Sya saat sudah membuat suatu grafil dan sy sdh verbose, semuanya tdk masalah. Namun pd saat ingin melihat grafik malah kosong tdk ada/ blank. Mhon info/ share pengalaman. Thxs

    BalasHapus
  2. Assalamualikum.

    Mas Budianto sblmnya salam kenal.

    Sya saat sudah membuat suatu grafil dan sy sdh verbose, semuanya tdk masalah. Namun pd saat ingin melihat grafik malah kosong tdk ada/ blank. Mhon info/ share pengalaman. Thxs

    BalasHapus
  3. petanyaanya sama kayak atas ane solusinya mas.....?

    BalasHapus