VoIP-Server.
Asterisk adalah
software IP PBX untuk membuat sistem layanan komunikasi telepon melalui
internet atau biasa disebut VoIP (Voice over Internet Protocol). Asterisk
adalah software Open Source yang berjalan di linux. Asterisk juga memungkinkan
komunikasi antar pengguna telepon regular dengan telepon berbasis sip (sip
phones).
Voice over Internet Protocol (juga disebut
VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi
yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data
suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang
mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.
“Definisi VoIP adalah suara yang dikirim melalui protokol internet (IP).”
Keuntungan VoIP
:
* Biaya lebih rendah untuk sambungan
langsung jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi
yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.
* Memanfaatkan infrastruktur jaringan data
yang sudah ada untuk suara. Berguna jika perusahaan sudah mempunyai jaringan.
Jika memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah.
Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara.
* Penggunaan bandwidth yang lebih kecil
daripada telepon biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan bandwidth untuk
voice sekarang ini menjadi sangat kecil. Teknik pemampatan data memungkinkan
suara hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth.
* Memungkinkan digabung dengan jaringan
telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa
disambungkan dengan PABX yang ada dikantor. Komunikasi antar kantor bisa
menggunakan pesawat telepon biasa
* Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa
digabungkan menjadi jaringan yang besar. Contoh di Indonesia adalah VoIP
Rakyat.
* Variasi penggunaan peralatan yang ada,
misal dari PC sambung ke telepon biasa, IP phone handset.
Kelemahan VoIP :
* Kualitas suara tidak sejernih jaringan
PSTN. Merupakan efek dari kompresi suara dengan bandwidth kecil maka akan ada
penurunan kualitas suara dibandingkan jaringan PSTN konvensional. Namun jika
koneksi internet yang digunakan adalah koneksi internet pita-lebar / broadband
seperti Telkom Speedy, maka kualitas suara akan jernih - bahkan lebih jernih
dari sambungan Telkom dan tidak terputus-putus.
* Ada jeda dalam berkomunikasi. Proses
perubahan data menjadi suara, jeda jaringan, membuat adanya jeda dalam
komunikasi dengan menggunakan VoIP. Kecuali jika menggunakan koneksi Broadband
(lihat di poin atas).
* Regulasi dari pemerintah RI membatasi
penggunaan untuk disambung ke jaringan milik Telkom.
* Jika belum terhubung secara 24 jam ke
internet perlu janji untuk saling berhubungan.
* Jika memakai internet dan komputer di
belakang NAT (Network Address Translation), maka dibutuhkan konfigurasi khusus
untuk membuat VoIP tersebut berjalan
* Tidak pernah ada jaminan kualitas jika
VoIP melewati internet.
* Peralatan relatif mahal. Peralatan VoIP
yang menghubungkan antara VoIP dengan PABX (IP telephony gateway) relatif
berharga mahal. Diharapkan dengan makin populernya VoIP ini maka harga
peralatan tersebut juga mulai turun harganya.
* Berpotensi menyebabkan jaringan
terhambat/Stuck. Jika pemakaian VoIP semakin banyak, maka ada potensi jaringan
data yang ada menjadi penuh jika tidak diatur dengan baik. Pengaturan bandwidth
adalah perlu agar jaringan di perusahaan tidak menjadi jenuh akibat pemakaian
VoIP.
* Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi
dengan baik akan menimbulkan kekacauan dalam sistem penomoran.
CARA-CARA MENGKONFIRGURASINYA :
1. Install paket asterisk melalui repo pada server PCR.
dengan perintah : #apt-get install asterisk
2. Lakukan konfigurasi sip.conf.
dengan perintah : #nano /etc/asterisk/sip.conf
3. Masukkan perintah berikut dibagian bawah command yang muncul
;add by budi
[500]
type=friend
context=budianto
username=500
secret=500
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all
[501]
type=friend
context=budianto
username=501
secret=501
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all
[502]
type=friend
context=budianto
username=502
secret=502
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all
[503]
type=friend
context=budianto
username=503
secret=503
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all
[504]
type=friend
context=budianto
username=504
secret=504
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all
[505]
type=friend
context=budianto
username=505
secret=505
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all
[506]
type=friend
context=budianto
username=506
secret=506
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all
[507]
type=friend
context=budianto
username=507
secret=507
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all
[508]
type=friend
context=budianto
username=508
secret=508
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all
[509]
type=friend
context=budianto
username=509
secret=509
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all
perintah diatas dapat ditambahakan sesuai keinginan server, seberapa banyak client yang akan diatampung server.
5. Lakukan konfigurasi untuk extension.conf
dengan perintah : #nano /etc/asterisk/extension.conf
6. Ketikkan baris berikut di bagian akhir file:
; add by budi
[budianto]
exten => 501,1,Dial(SIP/501,20)
exten => 501,2,Hangup()
exten => 502,1,Dial(SIP/502,20)
exten => 502,2,Hangup()
exten => 500,1,Playback(demo-echotest)
exten => 500,2,Echo
exten => 500,3,Playback(demo-echodone)
exten => 503,1,Dial(SIP/503,20)
exten => 503,2,Hangup()
exten => 504,1,Dial(SIP/504,20)
exten => 504,2,Hangup()
exten => 505,1,Dial(SIP/505,20)
exten => 505,2,Hangup()
exten => 506,1,Dial(SIP/506,20)
exten => 506,2,Hangup()
exten => 507,1,Dial(SIP/507,20)
exten => 507,2,Hangup()
exten => 508,1,Dial(SIP/508,20)
exten => 508,2,Hangup()
exten => 509,1,Dial(SIP/509,20)
exten => 509,2,Hangup()
6. Restart Asterisk
#asterisk -rx “reload”
7. Lakukan pengetesan dengan menggunakan X-Lite,atau software lain yang mendukung untuk
VoIP. Lakukan registrasi awal untuk register IP dan nomor client. Lakukan panggilan ke echo (
500 ), untuk memastikan terkoneksi ke server.
8. Buka X-lite lalu pilih tanda panah bawah disebelah kiri dan klik “SIP Account settings.
9. Lalu pilih add,
10. Pada gambar diatas terdapat 4 tanda panah, itu sesuaikan dengan konfirgurasi pada
Ubuntu 11.04 untuk voip server.
11. Pada gambar diatas hilangkan Ceklis “check for voice mail”. Semulanya itu ada ceklis,jadi
hilangkan.
"pada
gambar diatas sudah bisa melakukan panggilan ke nomor sekitar range yang sudah
di konfirgurasi “dari 501-509.."
12. Jika sudah terhubung, maka client dapat terhubung dengan client lain yang terhubung ke server tersebut.
13. Praktikum Selesai
Salam,
Budianto
Tidak ada komentar:
Posting Komentar