Rabu, 15 Agustus 2012

MAIL SERVER UBUNTU 11.04 ONEIRIC


Postfix "MAIL SERVER"


     Postfix adalah sebuah program pengirim email yang ditulis oleh Wietse Venema, yang mulai menjadi alternatif lain terhadap dominasi penggunaan Sendmail. Postfix berusaha menjadi program yang cepat, mudah dikelola, dan aman, dimana juga harus cukup sesuai dan cocok dengan Sendmail sehingga tidak mengecewakan penggunanya. Maka dari itu, jika dilihat sekilas dari luar nampak mirip seperti Sendmail, tapi didalam semuanya berbeda. Postfix juga merupakan mail transfer agent bebas dan terbuka. Postfix merupakan mail transfer agent default untuk sejumlah sistem operasi bertipe Unix. Salah satu ketangguhan Postfix adalah kemampuannya menahan "buffer overflow". Ketangguhan lainnya adalah kesanggupan Postfix memproses surat elektronik dalam jumlah banyak.

    Mail Server adalah Setiap email yang dikirimkan dibuat untuk melewati sejumlah server mail sepanjang jalan ke penerima. Untuk user biasa, surat tersebut dikirim langsung tetapi proses adalah sesuatu yang dimengerti. Tanpa rangkaian Server Mail, pengguna hanya akan dapat mengirim email ke orang-orang yang alamat email domain sesuai dengan domain pengguna. Ini berarti bahwa pengguna hanya dapat mengirim pesan dari “xyz.com” ke pengguna sesama “xyz.com”.
Server mail yang menawarkan solusi lengkap untuk semua kebutuhan sistem email yang berhubungan dengan pengguna. Ini pada dasarnya dirancang dan dikembangkan untuk memenuhi persyaratan dari setiap ukuran organisasi. Layanan Mail Server membantu dalam melindungi jaringan perusahaan dari ancaman keamanan (seperti virus dan spam). Beberapa fitur canggih Mail Server memastikan perlindungan yang maksimal dari jaringan dari segala macam ancaman eksternal. Ini juga melacak email yang dikelola atau diperoleh dari ISP.
Komponen utama dari Mail Servers mencakup aturan Ditentukan pengguna (menentukan bagaimana Mail Server berhubungan dengan mengarahkan pesan masuk ke tujuan mereka dan bagaimana bereaksi terhadap pengirim pesan), penyimpanan permanen (surat masuk disimpan untuk distribusi kemudian untuk pengguna lokal), mail server daftar pengguna (database menyimpan nama pengguna lokal yang akan diakui sementara memberikan mail masuk) dll … Pesan, dalam perjalanan ke tujuan lain juga disimpan sementara di sini.

Referensi http://chapila.com/internet/apa-itu-mail-server.html


Langkah-Langkah menginstal dan mengkonfigurasi POSTFIX pada Ubuntu.

1. Menginstal postfix "apt-get install postfix"

2. Menginstall Squirremail "apt-get install squirremail"

3. Mengkonfirgurasi bagian Postfix "dpkg reconfirgure postfix"


4. Akan muncul ini setelah kita ketik perintah dpkg-reconfigure postfix kemudian pilih OK.


5. Selanjutnya pilih Internet site seperti gambar di bawah ini.


6. Ketikkan nama mail server yang kita inginkan contohnya budianto.com dan pilih ok.


7. Ketikkan nama domainnya lalu pilih ok.


8. Kemudian pilih YES.


9. Ini merupakan Network Address kita.


10. Selanjutkan akan di tanya untuk menggunakan proemail, pilih NO.
     

11. Selanjutnya isi dengan angka 0 ,,secara default lalu OK dan berikutnya isi dengan tanda + lalu ok .
   
   

12. Kemudian protokol yang di gunakaan adalah SEMUA/ALL.
 

13. PostFix konfigurasi selesai .
14. Langkah selanjutnya konfigurasi Squirrelmail dengan perintah  #squirrelmail-configure lalu pilih 2.




15. Kemudian pilih 1 ketikkan nama domainnya.




16. Setelah itu Pilih S untuk menyimpan dan Q untuk keluar .
 
17. Setelah itu kemudian restart service postfix-nya dengan perintah# /etc/init.d/postfix restart .


18. Berikutnya adalah menginstal package dovecot-postfix, dengan perintah# apt-get install dovecot-postfix


19. Setelah itu cek port smtp dan imap apakah sudah berjalan dengan nmap. Install terlebih dahulu pakage nmap-nya( # apt-get install nmap) baru kemudian cek port yang berjalan dengan perintah# nmap mail.simple105.com

20. Kemudian kita edit file /etc/apache2/site-available/default dengan perintah# pico /etc/apache2/site-available/default. Kemudian ubah pada bagian Document Root-nya  seperti pada gambar dibawah ini .
 
 

21. Setelah perintah di atas, simpan apache kita dan restart services apache dengan perintah # /etc/init.d/apache2 restart.
 
22. Akan muncul gambar seperti dibawah ini .
 

23. Jika berhasil maka akan menampilkan email kita saat ngirim .
    
 





TerimaKasih



Salam,


Budianto


1 komentar: